RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD Negeri 1 Gentansari
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
2. Mengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan
dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
2.3 Melakukan pengukuran sudut
C.
Indikator
1. Kognitif Produk
Menentukan
besar sudut yang dibentuk oleh kedua jarum jam.
Membentuk
besar sudut yang ditunjukkan dengan kedua jarum jam.
Kognitif Proses
Melakukan
kegiatan matematis untuk membentuk besaran sudut yang di bentuk oleh kedua
jarum jam.
2. Afektif
Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi : teliti,tekun, tanggung jawab, jujur, terbuka
dan menghargai pendapat orang lain.
Mengembanhkan
keterampilan sosial, meliputi bertanya, kerjasama, menyampaikan ide atau
berpendapat, berpikir kreatif dan sistematis.
3. Psikomotor
Terampil
membentuk besaran sudut dengan menentukan letak kedua jarum jam.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1)
Melalui media alat peraga tiga dimensi, siswa
dapat menentukan besar sudut yang terbentuk oleh kedua jarum jam dengan benar.
2)
Melalui media gambar jam,siswa dapat
menunjukkan besar sudut yang diminta dengan menggunakan kedua jarum jam dengan
benar.
3)
Melalui media gambar jam, siswa dapat membentuk
besaran sudut dengan menentukan letak
kedua jarum jam dengan benar.
E. Materi Pembelajaran.
Menentukan Besar sudut
F.
Metode
Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
§ Kegiatan awal ( 5
menit )
§ Mengkondisikan
siswa agar siap menerima proses pembelajaran.
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Tanya jawab yang mengacu pada materi ajar yang terkait dengan materi
sebelunya.
§ Kegiatan Inti ( 55
menit )
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyiapakan alat peraga dan media
pembelajaran.
F Siswa menjawab pertanyaan guru
F Siswa memperhatikan penjelasan yang disampaikan
oleh guru mengenai cara menetukan besar sudut yang dibentuk oleh kedua jarum
jam.
F Guru memberi tugas kepada siswa untuk menetukan
besr sudut yang di bentuk oleh kedua jarum jam.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan kegiatan menentukan besar sudut yang
dibentuk dari kedua jarum jam
F Menguji kemampuan dan keterampilan siswa dalam menggambar.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru meriview kembali materi yang telah disampaikan, memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya.
H.
Sumber
Belajar dan media
§ Buku Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .hal 132-134
§ Gemar
Matematika
SD untuk Kelas V hal
54
Media Pembelajaran
a.
Jam tiga dimensi
Media Power point tentang Pengukuran sudut.
I.
Penilaian
1.
Prosedur Tes :
a)
Awal
b)
Proses
c)
Akhir
2.
Jenis
tes :
a)
Tertulis
b)
Perbuatan
3.
Perbuatan :
a)
Uraian
b)
Tugas
J.
Alat Tes / Intrumen
: butir soal
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN 1 Gentansari
MOH. MUQODAS,S.Ag
NIP. 19530805 197802 1 003
|
Gentansari, 18 Oktober 2012
Wali Kelas V
NANI HASANAH, S.Pd.SD
NIP. 19690701 200012 2 001
|
Materi Pelajaran
1. Menentukan Besar Sudut
Perhatikan gambar jam . Jarum panjang semula menunjuk
angka 12. Kemudian bergerak ke kanan melewati
angka 1, 2, 3, dan seterusnya sampai kembali lagi menunjuk angka 12. Ini
berarti jarum panjang telah berputar satu putaran penuh. Pada jam terdapat 12
angka. Angka yang satu dengan yang lain berjarak sama. Besar sudut satu putaran
sama dengan 360°. Oleh karena itu, besar sudut yang
dibentuk oleh jarum jam pada setiap jarak dua angka adalah
sama, yaitu 360° : 12 = 30°. Perhatikan contoh berikut. Pada pukul 03.00 jarum
panjang menunjuk angka 12 dan jarum pendek menunjuk angka 3. Besar sudut yang
dibentuk = 30° × 3 = 90°. Pada pukul 08.30, jarum panjang menunjuk angka 6 dan
jarum pendek menunjuk titik tengah antara angka 8 dan 9. Besar sudut dari angka
6 sampai 8 = 30° × 2 = 60°. Besar sudut dari angka 8 sampai jarum pendek
=1/2 × 30° = 15°.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR
KERJA SISWA
Diskusikan dengan Kelompokmu
tugas dibawah ini !
Tentukan besar sudut yang
ditunjuk kedua jarum jam berikut!
1.
2.
3.
4.
Nama Kelompok :
Anggota :
1)
2)
3)
4)
5)
6)
7)
Butir Soal
evaluasi
KUNCI JAWABAN
LEMBAR
KERJA SISWA
1.
1200
2.
1750
3.
600
4.
1800
KUNCI
JAWABAN
EVALUASI SISWA
1. 300
2. 900
3. 1200
4. 1500
PEDOMAN
PENILAIAN
Jawaban Sempurna nilai ( 2,5 )
Tidak Sempurna nilai ( 2 )
Jawaban salah nilai
( 0 )
|
Nilai Akhir
= Skor Perolehan x 10
Contoh :
Nilai Akhir :
7,5 x
10 =75
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar